Skip to HeaderSkip to PostSkip to Footer

Tips menjaga kesehatan untuk ibu hamil

Table of Content
    Kehamilan adalah saat yang ditunggu – tunggu dalam sebuah pernikahan, apalagi untuk pasangan suami istri yang baru menikah. Untuk itu, para calon ibu muda sangat berhati – hati untuk menjaga kesehatannya dan juga bayi yang sedang dikandung. Berikut ini adalah tips menjaga kesehatan untuk ibu hamil yang perlu kamu tahu.


    Tips menjaga kesehatan untuk ibu hamil

    1. Kontrol secara rutin
    Setelah mengetahui bahwa kamu hamil, pastikan untuk pergi kontrol ke dokter kandungan secara rutin. Hal ini menjadi salahsatu tips menjaga kesehatan untuk ibu hamil yang sangat penting untuk kamu lakukan.

    2. Mengonsumsi makanan yang bergizi
    Ketika hamil, usahakan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi dan sarat akan vitamin. Usahakan juga untuk tidak mengonsumsi junk food, soda dan minuman beralkohol sebagai tips menjaga kesehatan untuk ibu hamil.

    3. Olahraga ringan 
    Meskipun sedang hamil, ibu hamil diharuskan untuk berolahraga dengan rutin. Hal ini untuk menghindari morning sickness, juga agar tubuh bugar dan tidak mudah terserang penyakit.

    4. Hindari konsumsi obat
    Tips menjaga kesehatan untuk ibu hamil selanjutnya adalah hindari mengonsumsi obat – obat kimia maupun tradisional tanpa konsultasi terlebih dahulu pada dokter. Ini untuk menghindari adanya efek samping yang ditimbulkan oleh obat tersebut agar tidak memberikan reaksi apa – apa pada janin yang dikandung.

    5. Mulai untuk hidup sehat
    Sebaiknya ibu hamil mulai menyadari pentingnya hidup sehat, mengonsumsi makanan yang sehat dan juga mengajak suami untuk berhenti merokok. Karena perokok pasif lebih berbahaya daripada perokok aktif. Adanya asap rokok yang terhirup ibu hamil dalam jangka waktu yang panjang akan menyebabkan gangguan kehamilan pada janin atau bahkan mati.

    6. Hindari kontak dengan bahan kimia
    Menghindari kontak dengan bahan kimia merupakan hal selanjutnya dari tips menjaga kesehatan untuk ibu hamil. Bahan – bahan kimia yang beresiko menimbulkan bahaya bagi ibu hami adalah pembersih lantai, keramik ataupun bahan – bahan lain yang memiliki aroma keras dan menyengat.

    7. Hindari kontak dengan hewan
    Jika kamu punya hewan peliharaan seperti kucing dan anjing, maka kamu sebaiknya untuk menghindari ataupun menjauhinya. Hal itu dikarenakan bulu anjing dan kucing ataupun hewan sejenisnya akan berbahaya bagi kehamilan. Apalagi, bila hewan tersebut belum atau tidak pernah mendapat vaksin. Lebih baik untuk meminta orang lain yang mengurus hewan peliharaanmu selama hamil, seperti memandikan, memberi makan maupun membersihkan kandang hewan tersebut.

    Demikian beberapa Tips menjaga kesehatan untuk ibu hamil. Selain itu, kamu selaku ibu hamil harus menjauhi stres dan tetap merasa bahagia agar kehamilan tidak terganggu. Semoga artikel ini bermanfaat, Congratulation for your pregnancy!

    Comments

    Post a Comment

    This is a comment message for you.