Skip to HeaderSkip to PostSkip to Footer

tips menjaga kesehatan mata

Table of Content
    tips menjaga kesehatan mata
    Mata merupakan salah satu bagian terpenting dalam panca indera. Tanpa mata, kita tidak bisa melihat keindahan dunia maupun wajah orang – orang terdekat yang kita sayangi. Namun, terkadang kita sering lupa untuk menjaga kesehatan mata. Apalagi dengan adanya handphone ataupun laptop yang membuat mata semakin terpaku pada layar dan menyebabkan iritasi.

    Untuk memastikan dan menjaga mata sebagai aset berharga dalam hidup, maka berikut ini adalah tips menjaga kesehatan mata yang harus kamu ketahui :

    Tips menjaga kesehatan mata

    1. Perbanyak asupan buah dan sayur
    Untuk kamu yang ingin menjaga kesehatan mata, lebih baik untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayur, seperti wortel yang mengandung beta karoten yang sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata kamu. Hal itu karena beta karoten merupakan antioksidan yang dapat mengurangi resiko degenerasi makula.

    2. Kurangi penggunaan tetes mata
    Jika kamu pikir untuk tips menjaga kesehatan mata yaitu dengan menggunakan tetes mata, maka hal itu adalah salah besar. Mungkin kamu menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah, namun cukup gunakan hanya sekali saja. Hal ini karena penggunaan tetes mata yang berlebihan akan merusak kesehatan matamu.

    3. Gunakan mentimun
    Kamu juga bisa menjaga kesehatan mata dengan melakukan perawatan dengan buah mentimun. Hal ini berfungsi untuk mengompres kelopak mata kamu, yaitu dengan cara menaruh irisan mentimun yang dingin dan lembut di atas kelopak mata selama beberapa menit sebelum tidur di malam hari.
    tips menjaga kesehatan mata

    4. Meminimalisir menatap layar handphone atau komputer
    Untuk kamu yang terbiasa atau memang diharuskan untuk bekerja dengan menatap layar komputer seharian, sebaiknya untuk mulai meminimalkannya. Hal itu karena akan membuat mata lelah dan akan berakhir merusak mata kamu.

    5. Jangan membaca dalam kegelapan
    Kamu mungkin sering membaca buku ataupun menatap layar ponsel saat ingin tidur dalam keadaan gelap. Hal itu akan membahayakan kesehatan kamu, karena akan menyebabkan ketegangan mata. Jika mungkin matamu merasa lelah, maka beristirahatlah dan jangan dipaksakan.

    6. Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang
    Selain tidak baik untuk melihat dalam keadaan yang gelap, maka langsung melihat cahaya yang terlalu terang juga berbahaya untuk kesehatan matamu. Apalagi dengan mem fokuskan mata pada sinar matahari, hal itu dapat merusak mata.
    tips menjaga kesehatan mata

    7. Gunakan kacamata di waktu yang tepat
    untuk menjaga kesehatan mata, kamu bisa menggunakan kacamata sebagai pelindung. Kamu bisa menggunakannya pada saat bekerja di sekitar bahan kimia ataupun tempat dengan udara yang berbahaya serta menyebabkan mata kelilipan.

    Nah itulah dia beberapa cara dan tips menjaga kesehatan mata. Kamu bisa melakukan cara diatas sebagai perawatan matamu. Lebih baik mencegah terlebih dahulu daripada mengobati. Semoga artikel ini bermanfaat, selamat mencoba!.

    Comments

    Post a Comment

    This is a comment message for you.