Skip to HeaderSkip to PostSkip to Footer

Tips menjaga kesehatan ginjal untuk remaja dan lansia

Table of Content
    Tips menjaga kesehatan ginjal untuk remaja dan lansia
    Ginjal merupakan salah satu bagian terpenting dalam tubuh manusia. Gijal berfungsi sebagai sistem ekskresi yang memiliki bentuk seperti kacang. Ginjal berfungsi sebagai penyaring kotoran, terutama urea dari darah dan membuangnya bersamaan dengan air dalam bentuk urin. Namun bagaiman apabila ginjal bermasalah? Bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal untuk remaja dan lansia?


    Tips menjaga kesehatan ginjal untuk remaja dan lansia

    Sangat penting bagi kita untuk menjaga ginjal karena berbagai fungsinya yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Oleh karena itu, berikut ini adalah tips menjaga kesehatan ginjal untuk remaja dan lansia yang perlu kamu tahu :

    1. Olahraga rutin
    Cara pertama sebagai tips menjaga kesehatan ginjal untuk remaja dan lansia yang harus kamu lakukan adalah olahraga secara rutin. Kamu tidak harus berolahraga secara keras untuk menjaga kesehatan ginjal, cukup dengan olahraga ringan secara rutin sekitar 30 menit perharinya.
    Mungkin banyak orang yang menganggap sepele olahraga, namun sebenarnya olahraga mempunyai peran yang penting bagi kesehatan tubuh kita tidak hanya untuk ginjal. Dengan rajin berolahraga, akan  membantu pembentukan urin menjadi lebih lancar dan kesehatan ginjal pun jauh lebih terjaga.
    Tips menjaga kesehatan ginjal untuk remaja dan lansia

    2.Pola hidup sehat
    Selain olahraga secara rutin, cara menjaga kesehatan ginjal untuk remaja dan lansia yang harus kamu lkukan adalah melakukan pola hidup sehat. Hal tersebut seperi makan teratur, mengonsumsi makanan yang bergizi dan sebagainya. Karena, apabila kita mengonsumsi makanan yang kurang sehat akan menyebabkan ginjal bekerja lebih keras daripada biasanya dan menyebabkan terjadinya gangguan pada ginjal kamu sendiri.
    Usahakan juga tidak sering mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh seperti junk food ataupun makanan yang banyak mengandung gula. Makanan yang baik untuk dikonsumsi yaitu seperti sayur dan buah – buahan yang secara efektif menjaga kesehatan ginjal.

    3. Konsumsi sayur dan buah secara rutin
    Selain mengatur pola hidup sehat, maka kamu dianjurkan untuk secara rutin mengonsumsi sayur dan buah. Itu merupakan hal penting sebagai tips menjaga kesehatan ginjal untuk remaja dan lansia. Karena, kandungan vitamin dan juga mineral yang terdapat pada sayur akan efektif memperlancar proses kerja ginjal dan sekaligus untuk menjaga kesehatan ginjal itu sendiri. Sayur yang baik dikonsumsi antara lain wortel, tomat, kubis, brokoli dan juga lainnya.
    Tips menjaga kesehatan ginjal untuk remaja dan lansia

    4. Rutin konsumsi air putih
    Mungkin sebagian orang menganggap sepele konsumsi air putih yang dibutuhkan oleh tubuh. Padahal ginjal memiliki hubungan yang erat dengan konsumsi air putih. Dengan mengonsumsi banyak air putih akan membantu ginjal bekerja jauh lebih baik, karena oembuangan urin menjadi lebih lancar. Kamu harus mengonsumsi minimal delapan gelas atau 3 liter air per harinya.

    Demikian tips menjaga kesehatan ginjal untuk remaja dan lansia. Jangan lupa untuk selalu mengecek kesehatanmu ke dokter. Selamat mencoba !

    Comments

    Post a Comment

    This is a comment message for you.