Skip to HeaderSkip to PostSkip to Footer

tips menjaga kebersihan tangan agar terhindar dari penyakit

Table of Content
    tips menjaga kebersihan tangan agar terhindar dari penyakit
    Tangan merupakan pusat dari segala penyakit, karena merupakan bagian yang bersentuhan langsung dengan kuman – kuman yang menempel pada benda. Seperti halnya pada saat bersalaman dengan orang lain, memegang pintu kamar mandi, menyentuh segala sesuatu yang telah disentuh banyak orang seperti uang maupun hal lainnya.

    Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan tangan. Namun ternyata, tangan yang kelihatannya bersihpun belum cukup untuk mencegah kita agar terhindar dari penyakit loh!

    Tips menjaga kebersihan tangan

    Berikut ini tips menjaga kebersihan tangan agar terhindar dari penyakit, yaitu antara lain :

    1. Mencuci tangan secara rutin
    Kamu bisa menjaga kebersihan tangan agar terhindar dari penyakit yaitu dengan cara mencuci tangan secara rutin. Kamu harus mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, sesudah melakukan segala pekerjaan rumah atau menyentuh benda – benda yang rentan dihinggapi bakteri atau kuman yang akan mengganggu kesehatan.
    tips menjaga kebersihan tangan agar terhindar dari penyakit

    2. Memakai handsanitizer
    Untuk kamu yang tidak sempat untuk mencuci tangan, namun ingin memiliki tangan yang bersih dan tentunya sehat kamu bisa memakai handsanitizer. Meskipun mungkin tidak bisa membersihkan seluruh kuman, paling tidak hand sanitizer dapat menurunkan tingkat kekotoran atau jumlah kuman yang ada di tangan mu.

    3. Melakukan scrubbing
    Tips menjaga kebersihan tangan agar terhindar dari penyakit selanjutnya adalah melakukan scrubbing atau pengelupasan. Kamu bisa menggunakan scrub wajah ataupun scrub untuk badan sebagai cara menghilangkan sel – sel kulit mati di tangan yang dapat menyebabkan kulit kusam dan terkesan tidak sehat. Setelah itu bilas dengan air hangat samapi bersih.

    4. Melembabkan menggunakan lotion
    Selain dengan cara scrubbing dan cuci tangan, tips menjaga kebersihan tangan agar terhindar dari penyakit yang lainnya adalah dengan menggunakan lotion. Kamu bisa menggunakan lotion yang biasa dipakai untuk tubuh, karena kulit tangan juga butuh untu dilembabkan. Hal ini supaya menghindarkan kulit agar tidak kering dan juga mengelupas.
    Kamu bisa mengoleskan krim atau lotion untuk melembabkan kulit secara merata pada tangan. Selain itu, kamu bisa menggunakan minyak esensial atau minyak zaitun untuk melembabkan tanganmu.
    tips menjaga kebersihan tangan agar terhindar dari penyakit

    5. Membersihkan tangan dengan sikat lembut
    Selain kulit tangan, kuku merupakan bagian dari tangan yang harus dijaga kebersihannya. Kamu bisa melakukannya dengan cara memotong kuku ataupun membersihkannya dengan sikat lembut. Hal ini akan mempermudah kamu untuk membersihkan kotoran yang terdapat pada kuku tanpa melukainya, yaitu dengan cara menggosoknya secara melingkar kearah luar, kemudian bersihkan jari hingga siku dengan spon basah.

    Demikian beberapa tips menjaga kebersihan tangan agar terhindar dari penyakit. Kamu bisa lakukan cara di atas sebagai referensi untuk menjaga kebersihan tanganmu. Semoga artikel ini bermanfaat dan keep your healthn guys!

    Comments

    Post a Comment

    This is a comment message for you.