Skip to HeaderSkip to PostSkip to Footer

Tips Agar RAM Smartphone Lebih Lega

Table of Content
    Tips Agar RAM Smartphone Lebih Lega
    Smartphone memiliki berbagai fitur dan fungsi yang sangat canggih. Tidak jauh berbeda dengan komputer, smartphone juga memiliki RAM. Cara kerja RAM pada komputer dan juga smartphone sama saja, yaitu digunakan sebagai menyimpan data dari aplikasi yang berjalan di background dan aplikasi yang aktif digunakan. Adanya RAM membuat smartphone bekerja lebih cepat dan bisa membuat smartphone menjadi multitasking.

    Saat kapasitas RAM mulai berkurang dan semakin sedikit, maka hal tersebut akan berpengaruh pada kinerja smartphone saat menjalankan perintah, yaitu smartphone menjadi lebih lambat. Jika sudah begini, mau tidak mau pengguna harus membuat RAM smartphone menjadi lebih lega agar performa smartphone kembali normal dan tidak lemot lagi.

    Tips Agar RAM Smartphone Lebih Lega

    Widget dan live wallpaper
    Tips agar RAM smartphone lebih lega yang pertama adalah matikan widget dan live wallpaper yang digunakan. Adanya widget dan live wallpaper akan membuat kapasitas RAM menjadi cepat habis.
    Tips Agar RAM Smartphone Lebih Lega

    Mematikan aplikasi
    Aplikasi yang sudah terinstall pada smartphone memiliki ukuran yang berbeda-beda dan tak jarang diantaranya memiliki ukuran yang sangat besar dan menghabiskan kapasitas RAM. Agar RAM smartphone lebih lega, pilih aplikasi mana saja yang sudah tidak dipakai dan nonaktifkan aplikasi tersebut. Cara menonaktifkan aplikasi pada smartphone cukup mudah. Masuk saja ke menu Setting dan pilih Application Manager. Setelah itu akan muncul semua aplikasi yang terdapat pada smartphone dan pengguna bisa memilih aplikasi mana saja yang akan dimatikan. Jika pengguna sudah menonaktikan beberapa aplikasi, maka akan sangat terasa bahwa RAM smartphone lebih lega.

    Hapus aplikasi
    Selain mematikan aplikasi, tips agar RAM smartphone lebih lega adalah menghapus aplikasi yang sudah tidak dipakai atau sudah tidak diperlukan lagi. Cara untuk menghapus aplikasi cukup mudah dan langkahnya tak jauh berbeda dengan cara menonaktifkan aplikasi. Cara untuk menghapus atau uninstall aplikasi adalah buka menu Setting lalu pilih Application Manager dan pengguna akan melihat semua daftar aplikasi yang dimiliki. Pilih dengan baik aplikasi yang sudah tidak terpakai dan uninstall. Dengan begini RAM pada smartphone akan menjadi lebih lega.
    Tips Agar RAM Smartphone Lebih Lega

    Animasi
    Penggunaan animasi pada smartphone memang membuat smartphone tampak lebih bagus dan unik, tapi yang perlu untuk diketahui adalah bahwa animasi yang digunakan akan menghabiskan RAM yang dimiliki oleh smartphone.
    Menjaga agar RAM smartphone tetap lega sangatlah penting untuk performa smartphone yang tetap stabil. Jika smartphone yang dimiliki sudah mulai lelet, coba cek terlebih dulu sisa RAM smartphone.

    Itulah tips agar RAM smartphone lebih lega. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

    Comments

    Post a Comment

    This is a comment message for you.