Skip to HeaderSkip to PostSkip to Footer

Negara-negara Monarki di Dunia (Negara Kerajaan)

Table of Content
    Negara-negara Monarki di Dunia (Negara Kerajaan)
    Kata Monarki ini berasal dari bahasa Yunani, yang berarti Monos atau satu serta Archein yang berarti pemerintah. Monarki merupakan sebuah pemerintahan yang dipimpin oleh penguasa Monarki dan menjadi sistem pemerintahan tertua di dunia.

    Pemerintahan Monarki dengan pemerintahan yang dipimpin oleh presiden memiliki perbedaan, antara lain jika presiden memiliki jangka waktu tertentu saat memegang jabatannya, sedangkan dalam pemerintahan monarki akan menjadi pemimpin negara sepanjang hayatnya. Dalam negara-negara federasi seperti Malaysia, pemimpin monarki memiliki masa jabatan atau berkuasa selama 5 tahun dan pemimpin monarki dari negeri lain akan menggantinnya.

    Terdapat beberapa konsep monarki, yaitu konsep monarki mutlak, monarki konstitusional yang kekuasaannya dibatasi oleh konstitusi, dan monarki demokratis yang kekuasaannya akan bergilir pada beberapa raja atau sultan.

    Inilah negara-negara monarki di dunia (negara kerajaan)

    1. Arab Saudi 
    Arab Saudi merupakan salah satu negara-negara monarki di dunia (negara kerajaan). Arab Saudi dikenal sebagai negara tempat tumbuh dan berkembangnya islam serta tempat lahirnya nabi Muhammad SAW. Perekonomian di negara ini dihasilkan dari kegiatan haji atau umrah setiap tahunnya dan sumber minyak yang kaya.
    Negara-negara Monarki di Dunia (Negara Kerajaan)

    2. Inggris 
    Inggris atau yang juga dikenal Britania Raya ini masuk dalam daftar negara-negara monarki di dunia (negara kerajaan). Negara ini memiliki tokoh-tokoh ilmuwan dan militer yang dikenal dunia seperti Charles Darwin, Sir Isaac Newto, Michael Faraday, Paul Dirac, dan lain sebagainya. Selain itu terdapat dua universitas yang terkenal di dunia yaitu Universitas Oxford dan Universitas Cambridge.

    3. Belanda 
    Salah satu dari negara-negara monarki di dunia (negara kerajaan) adalah Belanda. Negara ini terletak di bagian barat laut Eropa. Belanda menjadi tempat Mahkamah Internasional karena sifat liberalnya. Selain itu Den Haag menjadi kediaman Ratu Belanda dan pusat administrasi negara serta Amsterdam menjadi ibu kota Belanda. Negara ini pula terkenal dengan kincir angin, dijk (tanggul), bunga tulip, terompa kayu serta masyarakatnya yang terbuka.

    4. Denmark 
    Salah satu dari negara-negara monarki di dunia (negara kerajaan) adalah Denmark. Pemerintahan di negara ini menerapkan konsep monarki demokrasi parlementer dan monarki konstitusional yang memiliki hanya satu pemerintah pusat dan 98 pemerintah daerah. Denmark sendiri adalah salah satu negara pendiri OECD dan NATO serta menjadi anggota OSCE.
    Negara-negara Monarki di Dunia (Negara Kerajaan)

    5. Spanyol 
    Spanyol merupakan negara yang termasuk dalam negara-negara monarki di dunia (negara kerajaan) yang terletak di barat daya Eropa. Di negara ini pernah menjadi tempat peradaban islam, hal ini bisa dilihat dari arsitektur bangunannya yang sangat indah dan artistik seperti Istana Alhambra. Spanyol juga terkenal dengan sepakbola seta modenya.

    Demikian artikel tentang negara-negara monarki di dunia (negara kerajaan, semoga bermanfaat.

    Comments

    Post a Comment

    This is a comment message for you.