Skip to HeaderSkip to PostSkip to Footer

Jenis-jenis Vitamin dan Fungsinya

Table of Content
    Jenis-jenis Vitamin dan Fungsinya
    Vitamin adalah nutrisi yang sangat penting untuk tubuh dalam membantu proses pertumbuhan serta proses metabolisme untuk menjaga tubuh tetap sehat. Vitamin ada dalam berbagai makanan serta suplemen yang kita konsumsi. Hal ini karena tubuh kita sebenarnya tidak dapat memprduksi vitamin. Vitamin dapat membantu mejaga kesehatan tubuh serta menambah imunitas tubuh supaya tidak mudah terserang penyakit.


    Inilah Jenis-jenis Vitamin dan Fungsinya

    1. Vitamin A
    Jenis-jenis vitamin dan fungsinya yang pertama adalah Vitamin A. Vitamin A ini memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan mata, mencegah penyakit malaria, memperkuat sistem imun pada tubuh serta menjaga kesehatan kulit.
    Vitamin A bisa di dapatkan dengan banyak mengkonsumsi kuning telur, hati, minyak ikan, sayur-sayuran, dan buah-buahan seperti pepaya, mangga, wortel, dan pisang.
    Kurang mengkonsumsi vitamin A dapat menyebabkan kulit menjadi tidak sehat, proses pertumbuhan berhenti, katarak, Keratomalaci atau perusakan Kornea, rabun senja, dan berbagai gangguan penglihatan lainnya.
    Jenis-jenis Vitamin dan Fungsinya

    2. Vitamin B1
    Jenis-jenis vitamin dan fungsinya yang selanjutnya yaitu Vitamin B1. Vitamin B1 ini berfungsi untuk membantu mencegah penyakit beri-beri, mempunyai kandungan yang baik untuk sistem saraf dan fungsi kerja jantung, lalu membantu proses oksidasi dalam energi.
    Vitamin yang satu ini terdapat dalam gandum, susu, roti, daging, tepung, kacang-kacangan, ragi, polong-polongan serta biji-bijian.

    3. Vitamin B2
    Jenis-jenis vitamin dan fungsinya dari Vitamin B2 adalah sebagai antibodi dalam tubuh, membantu pertumbuhan jaringan tubuh,  pembentukan sel darah merah,  untuk membantu pertumbuhan organ tubuh lainnya seperti, rambut, kuku, kulit.
    Sumber vitamin B2 terdapat pada sayur-sayuran, kuning telur, susu, kedelai, daging tanpa lemak, dan pisang.
    Kekurangan vitamin B2 dapat menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh, bibir pecah-pecah, sariawan, mulut kering, serta kulit kering.

    4. Vitamin B3
    Jenis-jenis vitamin dan fungsinya dari B3 dapat membantu proses metabolisme karbohidrat, menambah nafsu makan, mengandung lemak dan protein yang dapat menghasilkan energi untuk, serta mencegah penyakit allegra.
    Sumber Vitamin B3 terdapat pada jamur, telur, susu, brokoli, ragi, gandum, ragi, daging sapi dan ayam, ikan tuna dan salmon, sayur-sayuran dan kacang tanah.
    Kekurangan vitamin B3 ini dapat menyebabkan  gangguan pada sistem pencernaan, insomnia, mual, muntah-muntah, otot kejang dan mudah keram.
    Jenis-jenis Vitamin dan Fungsinya

    5. Vitamin B5
    Vitamin B5 memiliki peran dalam mengubah lemak menjadi, membantu proses  pemecahan nutrisi makanan dan reaksi enzim pada tubuh, memproduksi sterol dan hormon tubuh, produksi senyawa asam lemak, menjaga komunikasi sistem saraf pusat dan otak.
    Vitamin B5 terdapat dalam daging, pisang, brokoli, wortel, kubis, biji bunga matahari, kacang hijau, labu, ikan salmon, susu, sayur-sayuran, dan telur.

    Demikian pembahasan artikel Jenis-jenis vitamin dan fungsinya. Semoga bermanfaat.

    Comments

    Post a Comment

    This is a comment message for you.