Skip to HeaderSkip to PostSkip to Footer

Ini Bahaya asap rokok untuk non-perokok

Table of Content
    Ini Bahaya asap rokok untuk non-perokok
    Merokok adalah hal yang sangat membahayakan, baik untuk yang menggunakan maupun untuk non-perokok yang ada di sekitarnya. Paparan asap rokok dapat menyebabkan kematian serta penyakit pada perokok.

    Sama halnya dengan perokok, non-perokok pun sebenarnya juga merokok tapi pasif. Merokok pasif disini berarti menghirup asap tembakau dari rokok orang lain di sekitarnya. Hal ini sangat membahayakan bagi semua orang, baik orang dewasa, anan-anak maupun wanita hamil. Apalagi dengan semakin tereksposnya asap rokok, maka semakin tinggi pula resiko penyakitnya.

    Bahaya asap rokok untuk non-perokok

    Sudah banyak penelitian yang menyimpulkan bahwa non-perokok atau perokok pasif dapat beresiko terkena penyakit, seperti penyakit jantung, kanker pari-paru bahkan iritasi pada mata dan juga hidung. Selain itu, berikut ini bahaya asap rokok untuk non-perokok :

    1. Gangguan kehamilan
    Kita mungkin sering melihat iklan rokok di Tv yang menyatakan bahwa berbahaya untuk kehamilan. Hal ini benar adanya, karena bahaya asap rokok untuk non-perokok seperti ibu hamil akan mempengaruhi perkembangan janin di dalam rahim, bahkan hingga mengalami keguguran dan kelahiran mati. Sangat menakutkan bukan?
    Ini Bahaya asap rokok untuk non-perokok

    2. Penyakit gangguan pernafasan
    Bahaya asap rokok untuk non-perokok selanjutnya adalah dapat meningkatkan resiko penyakit gangguan pernafasan, dimana asap rokok tersebut ketika terhirup akan mengganggu fungsi paru-paru. Ehingga akan menimbulkan ketidaknyamanan pada dada serta kamu menjadi sulit untuk bernafas.

    3. Meningkatkan resiko kanker
    Meskipun tidak merokok, namun apabila non-perokok mengalami paparan asap rokok secara langsung dalam waktu yang relatif lama atau jangka panjang, maka meningkatkan resiko untuk terkena kanker paru – paru. Hal ini telah dibuktikan oleh beberapa penelitian yang membuktikan bahwa non-perokok terkena kanker, seperti kanker tenggorokan, kanker sinus hidung bahkan kanker paru – paru.

    4. Meningkatkan resiko meningokokus
    Meningokokus adalah penyakit yang timbul akibat adanya infeksi yang disebabkan oleh kuman bakteri yang bernama meningokokus. Hal ini merupakan bahaya asap rokok untuk non-perokok, karena peningkatan meningokokus pada non-perokok akan menjadi sebab penyakit meningitis, keracunan darah, kematian atau bahkan kecacatan.

    5. Meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke
    Bahaya asap rokok untuk non-perokok selanjutnya adalah peningkatan resiko penyakit jantung dan stroke. Hal ini karena asap rokok yang terhirup dalam jangka panjang akan meningkatkan sensitivitas trombosit dan juga penurunan kemampuan jantung untuk menerima dan memproses oksigen yang ada. Selain itu, juga menyebabkan penumpukan plak dan efek yang buruk pada kolesterol dalam darah yang merupakan penyebab utama penyakit jantung serta stroke.
    Ini Bahaya asap rokok untuk non-perokok

    Demikian beberapa bahaya asap rokok untuk non-perokok yang harus kamu tahu. Kamu sebaiknya menghindari tempat – tempat umum yang kebanyakan terdapat perokok aktif disana, serta usahakan untuk memakai pelindung seperti masker untuk bepergian kemana – mana. Semoga artikel ini bermanfaat. Keep healthy !

    Comments

    Post a Comment

    This is a comment message for you.