Skip to HeaderSkip to PostSkip to Footer

Hewan-hewan yang Terancam Punah di Dunia

Table of Content
    Hewan-hewan yang Terancam Punah di Dunia
    Setiap hari puluhan spesies hewan yang ada di dunia terancam punah. Hal ini tidak lain disebabkan oleh ulah manusia yang menghancurkan habitat hewan seperti melakukan pembabatan hutan, menangkap ikan secara berlebihan, melakukan perburuan liar, perdagangan hewan.

    Saat ini masalah yang membuat hewan-hewan di dunia terancam punah adalah perdagangan illegal. Dari memperdagangkan hewan inilah para pelaku industri illegal ini mendapatkan keuntungan yang sangat besar. Perdagangan illegal  ini disebabkan oleh meningkatnya permintaan satwa sebagai makanan, hadiah, bahan pengobatan, hewan peliharaan, dan lain sebagainya.

    Berikut ini hewan-hewan yang terancam punah di dunia

    1. Badak Jawa 
    Badak Jawa merupakan satu dari hewan-hewan yang terancam punah di dunia. Badak Jawa yang memiliki Rhinoceros sondaicus ini adalah spesies badak bercula satu yang habitatnya ada di hutan tropis. Spesies ini paling banyak diburu sejak masa kolonial dulu hanya untuk diambil culanya yang memiliki harga mahal.

    Saat ini populasi Badak Jawa yang ada di Taman Nasional Ujung Kulon hanya ada sekitar 58 ekor saja. spesies ini terancam kepunahannya karena adanya perburuan, penyakit, bencana alam, serta rendahnya keragaman genetik.

    2. Penyu Belimbing 
    Penyu belimbing merupakan penyu terbesar di dunia yang termasuk dalam hewan-hewan yang terancam punah di dunia. Penyu belimbing atau Dermochelys coriacea ini mengalami penurunan populasi akibat dari perburuan, hilangnya habitat, memakan sampah plastik, tersangkut jaring nelayan, perburuan telur penyu hingga pembangunan yang ada di kawasan pesisir pantai yang bisa merusak tempat penyu bertelur di pantai.
    Hewan-hewan yang Terancam Punah di Dunia

    3. Harimau Siberia 
    Panthera tigris altaica atau yang dikenal dengan harimau siberia ini termasuk  hewan-hewan yang terancam punah di dunia.  Populasi harimau siberia di alam liar hanya tersisa sekitar 400-500 ekor. Hal ini disebabkan oleh perburuan liar, pembalakan liar, kerusakan hutan, penegakan hukum yang buruk, pertambangan, serta menjadi bahan pengobatan tradisional China.

    4. Orangutan Sumatera
    Orangutan Sumatera atau  Pongo abelli merupakan salah satu dari hewan-hewan yang terancam punah di dunia.  Populasi Orangutan Sumatera mengalami penurunan yang disebabkan oleh pembukaan lahan untuk digunakan perkebunan kelapa sawit, pembalakan liar, kebakaran hutan serta pembangunan dan lain sebagainya. Spesies ini di alam liar diperkirakan tersisa sekitar 7.300 ekor saja.
    Hewan-hewan yang Terancam Punah di Dunia

    5. Sumatera
    Gajah Sumatera ini merupakan spesies gajah terkecil di Asia dan menjadi salah satu hewan-hewan yang terancam punah di dunia. Populasi gajah Sumatera atau Elephas maximus sumatranus ini semakin menurun akibat dari hilangnya habitat, deforestasi , perdagangan gading, hingga konflik dengan manusia. Saat ini gajah Sumatera tersisa tak lebih dari 2.400-2.800 ekor yang hidup di alam liar.

    Demikian pembahasan tentang hewan-hewan yang terancam punah di dunia. Sudah selayaknya kita sebagai manusia menjaga kelestariannya agar tidak terjadi kepunahan di masa depan.

    Comments

    Post a Comment

    This is a comment message for you.