Skip to HeaderSkip to PostSkip to Footer

Daftar Negara-negara Terbelakang di Dunia

Table of Content
    Daftar Negara-negara Terbelakang di Dunia
    Negara berkembang merupakan negara yang memiliki penghasilan rendah dan di perparah hambatan struktural  dalam sektor pembangunan berkelanjutan. Biasanya negara terbelakang memiliki banyak permasalahan dalam masalah kesehatan, kemiskinan, pendidikan, memiliki angka kriminalitas yang tinggi serta lingkungan serta sumber daya manusia yang rendah.

    Kriteria Negara Terbelakang

    • Terdapat tiga kriteria negara terbelakang menurut PBB, sebagai berikut :
    • Poverty atau kemiskinan. Kriteria ini dinilai rata-rata GNI (Gross National Income) atau Pendapatan Nasional Bruto. Di mulai pada tahun 2015, negara yang memiliki Pendekatan Nasional Bruto  sebanyak US$1.2422 dapat dinyatakan lulus dari kategori negara terbelakang. Sedangkan negara yang dikategorikan sebagai negara terbelakang biasanya memiliki pendapatan kurang dari US$1.305.
    • Indeks Aset Manusia. Kriteria ini dinilai dari indikator pendidikan, nutrisi, kesehatan, serta tingkat melek aksara.
    • Economic Vulnerability Index (EVI) atau kerentanan ekonomi. Ketidakstabilan pada sektor ekspor barang dan jasa, pada sektor pertanian serta banyak persentase penduduk yang mengungsi akibat bencana alam merupakan indikator dalam kriteria ini.
    Daftar Negara-negara Terbelakang di Dunia

    Inilah daftar negara-negara terbelakang di dunia

    1. Somalia 
    Somalia merupakan sebuah negara yang diakui secara de jure berada di pesisir Afrika Timur dan salah satu negara yang masuk daftar negara-negara terbelakang di dunia. Negara ini tidak memiliki mata uang nasional, tidak ada pemerintah pusat yang diakui serta tidak memiliki ciri yang ada pada negara yang berdaulat. Pemerintahan di Somalia ini tidak diakui secara de facto.

    2. Chad
    Salah satu negara yang berada pada daftar negara-negara terbelakang di dunia adalah Chad. Chad merupakan sebuah negara di Afrika Tengah yang berbatasan langsung dengan beberapa negara seperti Libya, Nigeria, Republik Afrika Tengah, Niger, Sudan serta Kamerun. Selain itu negara ini merupakan negara bekas jajahan Perancis terbesar. Maka dari itu 75% dari penduduk Chad hidup dalam keadaan miskin.

    3. Pakistan 
    Pakistan merupakan negara yang berada di wilayah Asia Selatan yang berbatasan langsung dengan Iran, Afganistan, India,  Laut Arab dan China. Pakistan juga termasuk dalam daftar negara-negara terbelakang di dunia. Negara ini memiliki penduduk lebih  dari 150 juta dengan menduduki peringkat keenam jumlah penduduk terbanyak di dunia serta menjadi negara yang memiliki penduduk muslim nomor tiga di dunia.
    Daftar Negara-negara Terbelakang di Dunia

    4. Kenya 
    Kenya merupakan negara yang ada dalam daftar negara-negara terbelakang di dunia. Negara ini berbentuk republik demokrasi perwakilan dengan menggunakan sistem presidensial serta menerapkan  sistem multipartai.

    5. Pantai Gading
    Partai Gading merupakan sebuah negara yang terletak di Afrika Barat dan termasuk dalam daftar negara-negara terbelakang di dunia. Negara ini berbatasan langsung dengan beberapa negara seperti Ghana, Liberia, Mali, Guinea,  serta Burkina Faso.

    Demikian pembahasan tentang daftar negara-negara terbelakang di dunia. Semoga bermanfat.

    Comments

    Post a Comment

    This is a comment message for you.