Skip to HeaderSkip to PostSkip to Footer

5 Efek negatif begadang setiap hari yang perlu kamu tahu

Table of Content
    5 Efek negatif begadang setiap hari yang perlu kamu tahu
    Begadang merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh pekerja kantoran, mahasiswa atau siapapun. Hal ini adalah keadaan dimana seseorang terjaga dan tidak tidur sesuai jam tidur atau sampai larut malam, karena manusia diwajibkan untuk tidur minimal selapan jam per harinya. Dengan begadang, maka jam tidur berkurang dan mungkin hanya kurang dari enam jam.

    Mengapa kita harus cukup tidur? Hal ini karena tidur merupakan waktu yang tepat untuk mengistirahatkan tubuh dan juga otak dari aktivitas dan rutinitas sehari-hari. Tidur yang cukup akan memperbaiki metabolisme tubuh dan juga merileksasikan pikiran. Jadi, ketika bangun tubuh kamu jadi lebih segar dan fit yang tentunya membuatmu siap untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

    Waktu yang tepat untuk tidur adalah malam hari, namun bagaimana jika masih berjaga dan begadang sampai larut malam? Hal itu sangat berbahaya bagi kesehatan. Berikut ini 5 Efek negatif begadang setiap hari yang perlu kamu tahu.

    Efek Negatif Begadang setiap hari

    1. Pusing dan susah konsentrasi 
    Efek negatif begadang setiap hari yang perlu kamu tahu adalah kepala pusing dan juga susah untuk berkonsentrasi. Hal tersebut dikarenakan ketika begadang dan tidak cukup tidur, maka ketika bangun pagi pasti kepala terasa pusing serta sulit konsentrasi.

    2. Stress dan depresi
    Selanjutnya, stress dan depresi menjadi salah satu dari 5 efek negatif begadang setiap hari yang perlu kamu tahu. Hal ini karena kurang tidur menyebabkan aspek psikologis kamu terganggu dan menyebabkan stress atau depresi. Pikiranmu menjadi tidak tenang, gelisah dan bahkan emosi yang tidak stabil.
    5 Efek negatif begadang setiap hari yang perlu kamu tahu

    3. Pola makan tidak teratur
    Efek negatif begadang setiap hari yang perlu kamu tahu selanjutnya adalah pola makan yang tidak teratur. Dengan begadang, pastinya kamu akan melewatkan sarapan karena bangun terlalu siang. Sehingga mengakibatkan pola makanmu jadi terganggu dan tidak teratur.

    4. Resiko penyakit jangka panjang
    Selain menyebabkan masalah psikologis dan juga susah konsentrasi, efek negatif begadang setiap hari yang perlu kamu tahu adalah adanya resiko penyakit jangka panjang. Kamu bisa terkena penyakit seperti hipertensi, serangan jantung, diabetes, obesitas bahkan juga alzheimer.

    5. Hormon pertumbuhan menurun
    Kenapa bisa hormon pertumbuhan menurun? Hal ini karena hormon pertumbuhan paling banyak diproduksi pada saat kamu tidur, yaitu dengan memperbarui atau memperbaiki sel-sel tubuh kamu yang rusak. Nah, apabila kamu tidak cukup tidur, maka akan mempengaruhi produksi hormon pertumbuhan yang dihasilkan tubuhmu.
    5 Efek negatif begadang setiap hari yang perlu kamu tahu

    Demikian 5 efek negatif begadang setiap hari yang perlu kamu tahu. Setelah mengetahuinya, masihkah kamu mau untuk begadang? Kamu juga bisa mengurangi resiko bahaya begadang dengan cara menghindari begadang itu sendiri, memperbanyak minum air putih dan olahraga rutin. Semoga bermanfaat.

    Comments

    Post a Comment

    This is a comment message for you.