Skip to HeaderSkip to PostSkip to Footer

10 Negara Terkecil di dunia

Table of Content
    10 Negara Terkecil di dunia
    Negara merupakan suatu wilayah yang berdaulat, mempunyai struktur pemerintahan dan juga adanya masyarakat yang dipimpin. Selain itu negara juga mempunyai perbatasan yang tegas untuk memberikan hak bagi negara tersebut dalam mengeksplor kekayaan alam yang ada.

    Biasanya negara memiliki wilayah yang disetujui dan terkesan luas. Namun siapa sangka jika ternyata banyak negara di dunia ini yang tidak mempunyai wilayah yang luas atau terkesan kecil. Kebanyakan negara kecil tidak mempunyai luas wilayah yang lebih dari 300 km2. Untuk kamu yang ingin tahu 10 Negara terkecil di dunia, yaitu sebagai berikut :


    10 Negara Terkecil di dunia

    1. Vatikan
    Negara terkecil di dunia yang pertama adalah Vatikan. Vatikan ini tepatnya berada di dalam negara Italia dan berbentuk gerejawi. Selain itu, penduduknya sebagian besar merupakan pendatang atau bukan penduduk yang permanen. Total luas wilayahnya adalah 0,44 km2 dengan jumlah penduduk yang hanya 842 jiwa.

    2. Sealand
    Sealand merupakan peringkat kedua dalam urutan negara terkecil di dunia setelah Vatikan. Sealand merupakan negara yang sempit namun unik. Hal ini karena keberadaannya yang ada di atas perairan. Di negara ini tidak terdapat penduduk, namun hanya terdiri atas dua menara beton yang terhubung oleh sebuah landasan besi yang terletak beberapa kilometer dari Felixstowe. Luas wilayahnya hanya 1,6 km2.

    3. Monako
    Monako merupakan negara yang berbentuk kerajaan yang berada di benua Eropa. Namun meskipun termasuk dalam negara terkecil di dunia dengan penduduk yang sangat banyak, namun keadaan perekonomiannya sangatlah bagus. Luas wilayahnya yaitu 2 km2  dengan jumlah penduduk sebanyak 30.535 jiwa.

    4. Liberland
    Negara dengan luas wilayah 8 km2 dan berada di benua Eropa ini menjadi salah satu dari 10 negara terkecil di dunia. Negara ini hanya diisi oleh banyak pepohonan dan juga ladang.

    5. Nauru
    Nauru juga dikenal sebagai pulau pleasant yang berada di Oceania. Meskipun wilayahnya sempit dan penduduknya juga sedikit, namun sumber daya alam yang ada sangatlah membantu perekonomian.

    6. Tuvalu
    Tuvalu atau yang dikenal dengan nama Ellice Island merupakan salah satu negara Polinedia yang berada di Samudera Pasifik. Luas wilayahnya hanya 26 km2 dengan jumlah penduduk 10.869 jiwa.

    7. Bermuda
    Negara terkecil di dunia selanjutnya dalah Bermuda yang terletak di benua Eropa. Luas wilayahnya hanya 53 km2. Negara ini berada di bawah konstitusi United kingdom atau Inggris.
    10 Negara Terkecil di dunia
    8. San Marino
    San Marino menjadi negara terkecil di dunia setelah Tuvalu, yang dimana merupakan negara yang dikelilingi oleh negara Italia. Negara ini memiliki luas wilayah 61 km2.

    9. Liechtenstein
    Negara ini terletak di perbukitan dan berbentuk kerajaan yang berada diantara Swiss dan Austria. Total luas wilayahnya yaitu 160 km2 dengan jumlah penduduk 37.625 jiwa.

    10. Kepulauan Marshall
    Merupakan sebuah pulau yang berada di tengah samudera pasifik. Dinamakan kepulauan Marshall karena dikunjungi oleh kapten Inggris yaitu John Marshall pada tahun 1788.
    Demikian 10 negara terkecil di dunia yang mungkin tidak kamu ketahui. Semoga bermanfaat dan menjadi pengetahuan yang baru untuk menambah wawasan kamu seputar kenegaraan.

    Comments

    Post a Comment

    This is a comment message for you.