Skip to HeaderSkip to PostSkip to Footer

tips menjaga dan merawat kesehatan gigi

Table of Content
    Menjaga dan merawat kesehatan gigi adalah hal yang sangat penting. Karena apabila tidak maka berbagai masalah atau penyakit yang menyerang gigi dapat muncul kapan saja. Beberapa penyakit seperti sakit gigi, bau mulut, gusi bengkak, gusi berlubang ataupun permasalahan lainnya.

    Segala penyakit yang menyerang gigimu bisa muncul akibat kurangnya memperhatikan kesehatan gigi ataupun mulut. Mungkin kamu berpikir bahwa menjaga dan merawat kesehatan gigi sangatlah mahal karena harus pergi ke dokter. Namun hal itu bukan halangan, berikut ini tips menjaga dan merawat kesehatan gigi yang mudah dan tentunya tidak memakan biaya.

    Tips menjaga dan merawat kesehatan gigi

    1.Rajin membersihkan gigi
    Sebagai tips menjaga dan merawat kesehatan gigi yang pertama kali harus dilakukan adalah dengan rajin membersihkan gigi, yaitu dengan menggosok gigi secara rutin kira – kira tiga kali sehari. Kamu bisa menggosok gigi ketika pagi hari, sesudah makan dan juga sebelum pergi tidur.

    2. Hindari meminum kopi, teh dan alkohol
    Kenapa untuk menjaga dan merawat kesehatan gigi harus menghidari konsusmi kopi, teh dan alkohol ? apabila kamu meminumnya secara wajar tidak apa – apa, namun apabila secara berlebihan akan menyebabkan gigi kuning, mulut kering dan juga berbau tidak sedap.

    3. Mengonsumsi buah-buahan
    Untuk menjaga dan merawat kesehatan gigimu, kamu harus rajin mengonsumsi buah – buahan yang notabene mengandung serat serta vitamin yang dibutuhkan untuk menjaga kekuatan gigi. Kandungan yang ada dalam buah bertindak sebagai sikat gigi alami yang membersihkan sisa – sisa makanan dan bakteri di mulut kamu.
    Kamu bisa mengonsumsi buah – buahan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, jambu biji, strober atau buah lainnya yang dapat membantu untuk memperkuat gusi.
    tips menjaga dan merawat kesehatan gigi

    4. Menggunakan air lemon
    Kamu bisa menggunakan air lemon untuk memutihkan gigi, karena kandungan asam sitrat didalamnya yang sangat bagus untuk membuat gigi lebih putih dan berkilau. Cara penggunaannya adalah dengan menyikat gigi menggunakan campuran air lemon dan sedikit garam.

    5. Flossing
    Flossing digunakan sebagai tips menjaga dan merawat kesehatan gigimu, yaitu dengan membersihkan sisa – sisa makanan yang terselip diantara gigi dan gusi. Kamu tidak perlu khawatir, karena proses flossing ini dilakukan dengan benar oleh dokter ahli.

    6. Kebersihan sikat gigi
    Selain beberapa cara diatas untuk menjaga dan merawat kesehatan gigi, hal yang terpenting selanjutnya adalah kebersihan sikat gigimu. Setidaknya ganti sikat gigimu setiap 2 – 3 bulan sekali.
    tips menjaga dan merawat kesehatan gigi

    Demikian tips menjaga dan merawat kesehatan gigi yang bisa kamu coba di rumah. Apabila kamu merasa kurang puas dengan perawatan sederhana seperti diatas, kamu bisa pergi ke dokter gigi untuk berkonsultasi maupun membersihkan karang gigi. Semoga bermanfaat!

    Comments

    Post a Comment

    This is a comment message for you.