Skip to HeaderSkip to PostSkip to Footer

Niat Puasa dan Doa Berbuka Puasa Ramadhan Beserta Artinya

Table of Content
    Niat Puasa dan Doa Berbuka Puasa Ramadhan Beserta Artinya

    Puasa Ramadhan adalah salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap muslim di dunia ini. Puasa Ramadhan dilakukan tepatnya di bulan Ramadhan yaitu dimulai dari tanggal 1 Ramadhan hingga tanggal 29 atau 30 Ramadhan.

    Puasa Ramadhan pasti diawali dengan niat puasa terlebih dahulu. Niat diucapkan saat malam hari sebelum puasa atau saat melakukan sahur. Niat puasa Ramadhan akan berdampak besar pada proses kita berpuasa selama sehari penuh. Karena dengan niat yang kuat, kita bisa melawan hal hal yang bisa membatalkan puasa kita dari mulai fajar hingga waktu maghrib.

    Dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan 2018 ini, mari kita Bersama sama mengingat kembali bagaimana niat puasa Ramadhan yang benar. Karena kita sebagai muslim dituntut untuk hafal niat puasa Ramadhan beserta artinya sehingga kita bisa menamkannya dengan kuat di hati kita.


    Niat Puasa Ramadhan

    نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

    Nawaitu shauma ghodin 'an adaa'i fardhi syahri romadhoona hadihis-sanati lillahi ta'aalaa
    Artinya : Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala.

    Waktu pembacaan niat bisa dilakukan dimulai saat maghrib hingga sebelum selesai imsyak. Membacakan niat hukumnya sunnah, tidak berkaitan dengan sah atau tidak sahnya puasa seseorang, namun jika dibaca akan lebih menambah pahala dan keberkahan bulan Ramadhan.

    Saat menjelang waktu berbuka puasa, kita sebagai umat muslim dianjurkan untuk membaca doa berbuka puasa. Membaca doa berbuka puasa ini memiliki makna bahwa kita selalu bersyukur terhadap nikmat yang Allah berikan kepada kita. Setelah seharian penuh kita menahan lapar dan dahaga, kita diberi nikmat berbuka dengan makanan dan minuman yang teramat segar nan mengenyangkan.

    Doa Berbuka Puasa Ramadhan

    اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

    Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamarroohimiin
    Artinya : Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

    Itulah sedikit penjelasan tentang niat dan doa berbuka puasa Ramadhan. Silahkan dihafalkan dan dibaca di bulan Ramadhan agar ibadah kita menjadi lebih berkualitas dan bernilai lebih di mata Allah SWT. Aamiin.

    Semoga bermanfaat.

    Comments

    Post a Comment

    This is a comment message for you.