Skip to HeaderSkip to PostSkip to Footer

5 hal yang harus kamu lakukan agar tetap fit saat musim hujan

Table of Content

    Musim hujan memang tidak bisa dihindari, apalagi untuk kita yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia. Hampir separuh tahun yang ada di Indonesia pastinya akan diguyur hujan. Namun, pergantian musim penghujan ini membuat tubuh menjadi lebih rentan terhadap gangguan kesehatan seperti flu , demam ataupun gangguan kesehatan lainnya. Hal ini disebabkan karena tubuh akan dipaksa beradaptasi dengan suhu ataupun kelembapan udara yang berbeda daaripada sebelumnya.
    5 hal yang harus kamu lakukan agar tetap fit saat musim hujan
    Jika tidak segera mendapat penanganan, maka akan membahayakan kesehatan dan bahkan kemungkinan tubuh terkena penyakit yang lebih parah.


    Berikut adalah 5 hal yang harus kamu lakukan agar tetap fit saat musim hujan: 

    1. Mengonsumsi vitamin

    Mengonsumsi vitamin merupakan hal yang harus kamu lakukan agar tetap fit saat musim hujan. Hal ini sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh kamu dari perbedaan cuaca maupun pergantian musim dari musim kemarau menuju musim penghujan.
    Proses inilah yang biasanya mempengaruhi sistem imum atau kekebalan tubuh kamu menjaadi lebih lemah dari biasanya. Kamu bisa mengonsumsi vitamin C dalam bentuk produk maupun dari buah – buahan asli seperti jeruk maupun stroberi.

    2. Bersihkan lingkungan

    Hal yang harus kamu lakukan agar tetap fit saat musim hujan selanjutnya adalah membersihkan lingkungan agar tetap bersih dan juga higienis. Apalagi dengan adanya hujan deras yang membuat lingkungan menjadi lebih kotor daripada biasanya. Dengan lingkungan yang kotor, akan membuat sampah atau limbah menjadi lebih mudah membusuk dan menjadi sarang penyakit. Sehingga kamu mudah terkena penyakit.

    3. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

    Selain membersihkan lingkungan, kamu harus menghindarkan tubuhmu dari yang namanya dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Usahakan untuk meminum air putih sekurang – kurangnya 3 liter per harinya, karena dengan adanya musim penghujan membuat seseorang tidak merasa haus dan melupakan konsumsi air putih yang cukup untuk tubuh. Sehingga, tubuh akan mengalami dehidrasi dan akan menurunkan daya tahan tubuh.

    4. Jaga asupan makanan

    1 dari 5 hal yang harus kamu lakukan agar tetap fit saat musim hujan selanjutnya adalah menjaga asupan makan. Karena dengan mengonsumsi makanan yang cukup dan hangat seperti sup ataupun makanan berkuah lainnya pada saat musim hujan akan membantu menghangatkan tubuhmu.

    5. Gunakan pakaian tebal

    Pakaian yang tebal akan membantumu menjaga kesehatan pada saat musim penghujan, apalagi untuk aktivitas yang kamu lakukan di luar ruangan. Pakaian tebal yang kamu gunakan akan menjagamu dari udara dingin saat musim hujan yang mungkin akan membuatmu terserang penyakit.

    Demikian 5 hal yang harus kamu lakukan agar tetap fit saat musim hujan. Hal tersebut bisa kamu lakukan untuk meminimalisir terserang penyakit saat perubahan musim hujan seperti ini. Semoga bermanfaat.

    Comments

    Post a Comment

    This is a comment message for you.