Skip to HeaderSkip to PostSkip to Footer

Cara Mengirim Barang Lewat Aplikasi Go-Jek

Table of Content
    Go-Jek kini tidak hanya bisa mengantarkan orang tapi juga barang. Jika anda ingin mengirim barang dengan cepat, anda bisa memanfaatkan fitur Go-Send dari aplikasi Go-Jek. Berikut ini adalah panduan lengkap cara mengirim barang menggunakan aplikasi Go-Jek.

    Sebelum anda memesan, pastikan anda sudah mem-packing barang anda akan kirimkan. Pastikan hasil dari packing anda cukup kuat untuk mencegah kerusakan yang terjadi karena guncangan selama perjalanan. Setelah packing selesai, silahkan anda pesan layanan Go-Send dengan mengikuti panduan berikut.

    1. Pilih Layanan Go-Send

    Halaman Awal Aplikasi Go-Jek
    Halaman Awal Aplikasi Go-Jek
    Pilih Layanan Go-Send
    Pilih Layanan Go-Send
    Pertama-tama, silahkan anda buka aplikasi Go-Jek anda. Pastikan aplikasi sudah terlogin menggunakan akun anda. Bila anda belum punya akun Go-Jek silahkan anda daftar terlebih dahulu. Anda bisa membaca panduannya di artikel Cara Membuat Akun Go-Jek.

    Setelah itu, silahkan anda pilih menu layanan Go-Send.

    2. Cari Tujuan Go-Send

    Cari Tujuan Go-Send
    Cari Tujuan Go-Send
    Selanjutnya, silahkan anda cari alamat paket yang anda kirim tuju. Anda bisa mencari secara manual melalui fitur Maps atau dengan cara menuliskan alamat yang anda tuju di kolom Cari lokasi tujuan.

    3. Isi Detail Pengiriman Barang

    Isi Detail Pengiriman Paket Go-Send
    Isi Detail Pengiriman Paket Go-Send
    Langkah berikutnya anda perlu mengisi informasi-informasi yang diperlukan untuk pengiriman paket. Informasi yang diperlukan diantaranya:
    1. Detail Lokasi. Anda bisa memberikan penjelasan yang rinci tentang alamat yang dituju seperti patokan-patokan, warna cat rumah, ciri-ciri rumah ataupun informasi detail lain yang dapat mempermudah driver untuk menemukan alamat yang dituju.
    2. Deskripsi paket. Berikan penjelasan tentang paket yang harus dikirimkan oleh driver sehingga driver paham bagaimana harus menaruh dan membawa paket tersebut. Bila paket tersebut adalah barang pecah-belah, tentu driver perlu persiapan lebih.
    3. Nomor Telepon Penerima. Sertakan detail nomor telepon penerima yang bisa dihubungi oleh driver sekiranya driver terkendala mencari alamat yang dituju.
    Setelah semua informasi yang dibutuhkan terisi, silahkan tekan tombol Lanjut.

    4. Isi Detail Pengambilan Paket

    Isi Detail Pengambilan Paket Go-Send
    Isi Detail Pengambilan Paket Go-Send
    Selanjutnya, anda perlu mengisikan detail untuk pengambilan barang. Informasi yang diperlukan diantaranya:
    1. Alamat pengambilan. Silahkan anda tentukan alamat pengambilan barang. Alamat akan secara otomatis ditentukan melalui fitur GPS sesuai dengan posisi anda. Bila alamat yang dimaksud tidak sesuai dengan keperluan, silahkan tekan dan tentukan sendiri secara manual.
    2. Detail lokasi. Berikan informasi tambahan yang bisa membantu driver menemukan lokasi penjemputan. Sebutlah warna cat dari rumah/ gedung, ciri bangunan, atau patokan-patokan lainnya.
    3. Nomor telepon pengirim. Masukkan juga nomor telepon pengirim agar driver bisa menghubungi anda (pengirim) jika hendak menanyakan sesuatu.
    Setelah semuanya terisi, silahkan anda tekan Lanjut.

    5. Pesan Go-Send

    Pesan Go-Send
    Pesan Go-Send
    Terakhir, silahkan anda lihat detail pesanan layanan anda. Anda juga bisa memilih metode pembayaran. Anda bisa membayar secara tunai ataupun melalui Go-pay untuk mendapatkan potongan harga.

    Jika semua sudah sesuai, silahkan anda tekan tombol Pesan Go-Send.

    Setelah anda memesan, maka aplikasi akan mencarikan driver yang paling dekat dengan anda dan menerima pesanan anda. Segera setelah driver ditemukan, driver akan menghubungi anda untuk mengkonfirmasi pesanan. Yang perlu anda lakukan selanjutnya tinggal menunggu paket dijemput dan diantarkan ke lokasi tujuan. Anda bisa memantau posisi barang tersebut melalui aplikasi Go-Jek sehingga anda tidak perlu khawatir barang anda dibawa kabur.

    Itulah sedikit penjelasan tentang tata cara mengirim barang lewat aplikasi Go-Jek atau layanan Go-Send. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu anda dalam masalah logistik anda. Selamat mencoba.

    Comments

    Post a Comment

    This is a comment message for you.