Skip to HeaderSkip to PostSkip to Footer

Cara Monitoring Traffic Bandwith Dengan Mikrotik

Table of Content

    Monitoring Bandwith

    ini yakni sebuah acara untuk memantau traffic yang di lakukan oleh user dalam menggunakan sebuah Koneksi . Kebutulan kemarin ada salah satu sobat yang tanya bagaimana cara melihat / monitoring user yang menggunakan bandwith berlebih di kantornya dengan menggunakan mikrotik ?

    Dengan menggunakan Mikrotik, Kita sanggup memantau fatwa paket menurut jenis protokolnya, alamat asal, alamat tujuan serta tipe port. Dengan adanya akomodasi ini yang telah disediakan pada Packet System, dikala kita menginstalasi Mikrotik RouterOS, maka memudahkan kita dalam manajemen router, dari akomodasi ini, kita sanggup menebak apakah Aliran data di mesin kita sedang Normal atau tidak. Memantau terjadinya Flooding, memantau aktifitas Malware dan sebagainya.
    Menggunakannya cukup mudah, biasanya biar lebih nyaman dalam Monitoring, silahkan diaktifkan melalui Winbox, untuk masuk ke Routernya. Lebih jelasnya sanggup dilihat gambar dibawah ini.
    Fasilitas Torch ini sanggup dipakai melalui Winbox pada sajian Tools - Torch. Silahkan Klik sajian Torch tersebut, nanti akan ditampilkan jendela Torchnya.
     yang di lakukan oleh user dalam menggunakan sebuah Koneksi  Cara Monitoring Traffic Bandwith dengan Mikrotik
    Atau Bisa juga melalui IP - ARP. Pada jendela ARP List, silahkan dipilih IP Address, MAC address yang akan di Monitor. Klik kanan untuk masuk ke sajian Torch.
     yang di lakukan oleh user dalam menggunakan sebuah Koneksi  Cara Monitoring Traffic Bandwith dengan Mikrotik
    Perhatikan, item-item yang terdapat di jendela Torch ini, pada Manual diatas telah diberikan secara terang keterangan terhadap item-item tersebut. Klik tombol Start untuk mengaktifkan layanan Torch ini. Sekarang kita sanggup bermonitoring ria terhadap fatwa paket pada mesin routernya. Jika ada trafik yang mencurigakan silahkan diambil tindakan selanjutnya.
     yang di lakukan oleh user dalam menggunakan sebuah Koneksi  Cara Monitoring Traffic Bandwith dengan Mikrotik
    Pada List diatas, saya memantau Aliran trafik dari IP Address (Src Address) 192.168.0.13 yang melalui Interface LAN. Jika diperhatikan, pada bab Src port terdapat port 514 (syslog) bertipe protokol UDP (17) menuju ke IP Address (Dst Address) 192.168.0.14, dan memang saya sedang menjalankan Syslog Daemon pada PC Windows XP secara Remote untuk menyimpan log router Mikrotiknya, pada PC yang mempunyai IP Address 192.168.0.13, dengan router remotenya yang mempunyai IP Address 192.168.0.14, aktif di port 514 (UDP). Kita sanggup menentukan Alamat sumber (Src Address) pada Client yang akan kita pantau, menentukan Port, Alamat tujuan, serta Protokolnya. 

     Dan semoga isu Cara Memonitoring Traffic Bandwith ini sanggup Berguna

    Comments

    Post a Comment

    This is a comment message for you.