Skip to HeaderSkip to PostSkip to Footer

Mengenal Operasi LASIK Mata

Table of Content
    Mengenal Operasi LASIK Mata
    J4rviz Blog - Mengenal Operasi LASIK Mata - Dunia kedokteran semakin lama akan semakin mutakhir dengan munculnya teknologi teknologi yang bisa menjadi solusi menyembuhkan penyakit. Salah satunya adalah teknologi untuk menyembuhkan kelainan mata yaitu Rabun jauh, Rabun dekat, Mata Silinder, dan menghilangkan kebutuhan kacamata bagi seseorang. Teknologi ini bernama LASIK.

    LASIK adalah singkatan dari Laser-Assisted in situ Keratomileusis Yaitu metode terpopuler untuk menyembuhkan kelainan kelainan yang terjadi di mata. Metode LASIK menggunakan teknologi laser yang digunakan untuk mengoreksi ketebalan kornea mata yang mengalami kelainan. Hal ini memungkinkan seseorang yang mengalami kelainan mata seperti Miopi, Hipermetropi, dan Astigmastima dapat sembuh dan terhindar dari kelainan mata tersebut.

    Prosedur Operasi LASIK yaitu dengan menyempurnakan bentuk Kornea yang tidak sempurna pada orang yang memiliki kelainan mata menjadi sempurna. Tujuan dari Operasi LASIK ini adalah agar orang yang memiliki kelainan mata dapat sembuh total dan dapat melihat seperti orang normal.

     

    Fungsi Operasi Lasik

    Operasi mata LASIK ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang memiliki salah satu masalah penglihatan umum berikut ini:
    • Rabun Jauh (miopi – mata minus). Ketika bola mata sedikit lebih panjang dari normalnya atau ketika kurva kornea terlalu tajam, sehingga cahaya tidak fokus di retina, melainkan di depan retina sehingga mengaburkan penglihatan jarak jauh. Anda akan melihat benda-benda yang dekat lebih jelas, tetapi untuk objek yang lebih jauh akan terlihat buram
    • Rabun Dekat (hipermetropi – mata plus). Kebalikan dari kondisi di atas, rabun dekat terjadi ketika Anda memiliki lebih bola mata pendek dari normal atau kornea yang terlalu datar, cahaya akan berfokus di belakang retina. Hal ini membuat penglihatan dekat dan kadang-kadang penglihatan jauh menjadi kabur.
    • Astigmatisma (Silinder). Ketika kelengkungan kornea atau permukaannya tidak merata, maka yang terjadi adalah mata silinder, yang mengganggu fokus jatuhnya cahaya dekat dan jauh tidak tepat pada retina.
    Umumnya Dokter mata biasanya tidak langsung menyarankan Anda untuk operasi LASIK, namun mencoba cara lain untuk mengoreksi penglihatan Anda, misalnya dengan menggunakan kacamata atau lensa kontak.


    Bagaimana Proses Operasi LASIK Berlangsung ?

    Mengenal Operasi LASIK Mata
    Prosedur Operasi LASIK

    Operasi LASIK memakan waktu yang cukup singkat yaitu antar 10 - 30 menit.
    • Anda akan diberi obat untuk membantu mata anda agar lebih rileks.
    • Setelah obat bius mata diteteskan pada mata Anda, kemudian dokter menggunakan alat untuk menahan kelopak mata agar selalu terbuka selama prosedur.
    • Cincin hisap akan ditempatkan pada mata sebelum memotong flap kornea, pada saat ini Anda akan merasakan tekanan, dan penglihatan bisa sedikit redup.
    • Ahli bedah mata menggunakan pisau atau pemotong kecil untuk memotong tepi kornea dan menyisakan sedikit bagiannya sebagai engsel. Lapisan kornea yang sudah terpotong (flap) kemudian dibuka dan disingkapkan agar memungkinkan dokter untuk mengakses bagian kornea (lapisan dibawah flap) untuk dibentuk kembali.
    • Dengan menggunakan laser, ahli bedah mata kemudian membentuk ulang bagian-bagian tertentu dari kornea. Setelah selesai, flap dilipat kembali ke tempatnya dan dibiarkan sembuh tanpa jahitan.
    • Selama operasi, Anda akan diminta untuk fokus pada titik cahaya. Menatap cahaya ini membantu menjaga mata agar tidak bergerak sementara laser membentuk ulang kornea Anda.
    • Jika Anda perlu operasi LASIK di kedua mata, dokter biasanya akan melakukan prosedur pada hari yang sama.

    Ketika Operasi telah dinyatakan selesai, mata Anda mungkin akan terasa gatal, terasa terbakar dan berair. Penglihatan mungkin akan kabur untuk sementara waktu dan biasanya akan mengalami sedikit rasa sakit, tetapi tenang ini memang efek pascaoperasi lasik dan akan sembuh dalam waktu dekat.

    Anda mungkin akan diberi obat nyeri atau obat tetes mata untuk membuat Anda nyaman selama beberapa jam setelah prosedur. Dokter mata mungkin juga meminta Anda untuk memakai pelindung mata di malam hari sampai mata sembuh sempurna.

    Anda akan dapat melihat setelah operasi, tetapi penglihatan tidak akan jelas dengan segera. Dibutuhkan sekitar dua sampai tiga bulan setelah operasi untuk dapat melihat dengan jelas.
    Dokter akan menganjurkan Anda untuk kontrol, satu atau dua hari setelah operasi guna memeriksa kemungkinan adanya komplikasi ataupun penyulit lainnya. Dan kontrol rutin selama kurun waktu enam bulan juga diperlukan. Konsultasikan dengan dokter kapan Anda boleh melakukan aktifitas normal seperti biasa.


    Semoga Bermanfaat.

    Comments

    Post a Comment

    This is a comment message for you.