Skip to HeaderSkip to PostSkip to Footer

Rukun Islam

Table of Content
    Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh, halo sobat kumpulan doa. Mungkin Artikel yang kami tulis kali ini tidak begitu penting karena inshaalah kita semua pasti sudah pernah diajarkan sewaktu sekolah dulu, Namun apa salahnya melihat dari dunia sekarang ini jarang sekali anak-anak yang bahkan tidak hafal Rukun Islam.

    Rukun Islam
    1. Syahadat
    2. Sholat
    3. Puasa
    4. Zakat
    5. Haji
    Rukun Islam ada 5 , sangat mudah menghafalkannya bahkan lebih mudah dari menghafal lirik lagu barat. Namun pada kenyataan justru sebaliknya, Kita lebih mudah menghafal lirik-lirik lagu yang sangat sulit bahkan bisa menghafalkannya dalam sehari saja.

    Pengertian Rukun Islam
    Rukun Islam adalah lima tindakan dasar dalam Islam, dianggap sebagai pondasi wajib bagi orang-orang beriman dan merupakan dasar dari kehidupan muslim.

    1. Mengucapkan dua kalimat Syahadat
    أشهد أن لا اله الا الله وأشهد ان محمد رسول الله

    "Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan saya bersaksi Muhammad rasul (utusan) Allah"

    Syahadat ini merupakan persaksian dan memiliki makna pengucapan dengan lisan, membenarkan dengan hati lalu mengamalkannya melalui perbuatan. Adapun orang-orang yang mengucapkannya secara lisan namun tidak mengetahui maknanya dan tidak mengamalkannya maka tidak ada manfaat sama sekali dengan syahadatnya.

    Dalam kalimat syahadat ini menggambarkan bahwa kita sebagaimana hamba mesti melakukan pernyataan atas dirinya sendiri bahwa secara totalitas adalah untuk Allah dan Rasulnya.


    2. Mendirikan Sholat

    Sholat merupakan tiang agama. Ia sebagai rukun terpenting islam setelah dua kalimat syahadat. Seorang muslim wajib memeliharanya semenjak berusia akil baligh sampai dia meninggal. Dalam keadaan apapun dan dalam kondisi bagaimanapun kita wajib melaksanakannya 5 waktu dalam sehari semalam. Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib dan Isya.


    3. Berpuasa di bulan Ramadhan

    Puasa berarti menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa mulai dari fajar hingga terbenamnya matahari.


    4. Menunaikan Zakat

    Mengeluarkan sebagian harta kita kepada mereka yang membutuhkan.


    Penjelasan mengenai zakat

    5. Naik Haji bagi yang mampu

    Rukun Islam yang kelima ini Allah mewajibkan hambanya menunaikannya sekali seumur hidup. Haji itu sendiri adalah berkunjung ke baitullah mekkah al mukarommah.

    --Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam pengetikan ataupun penyampaian informasi, penulis hanyalah manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa karena kebenaran semata-mata hanya milik Allah Azza wa Jalla-- 

    Comments

    Post a Comment

    This is a comment message for you.