Skip to HeaderSkip to PostSkip to Footer

Rezeki tidak lancar, coba lakukan amalan ini

Table of Content
    Rezeki tidak lancar, coba lakukan amalan ini - Dalam agama islam, segala perbuatan yang dilakukan untuk meraih pahala bisa dikatakan sebagai ibadah. tentunya perbuatan tersebut haruslah berlandaskan niat yang ikhlas dan juga pernah dicontohkan Rasulullah SAW. 
    Amalan di pagi hari

    Banyak sekali amalan dalam beribadah yang mempunyai keistimewaan bahkan dapat sebagai umpan untuk menarik datangnya rezeki. berikut amalan-amalan yang biasa dilakukan nabi kita Muhammad SAW di pagi hari.

    1. Sholat Tahajud
    Agar rezeki lancar menurut islam adalah dengan melaksanakan sholat Tahajud. Sholat Tahajud biasa dilakukan saat tengah malam atau lebih tepatnya sepertiga malam yang akhir.

    Dalam sebuah Hadist Rasulullah SAW bersabda " Ketika kalian tidur, setan membuat 3 ikatan di tengkuk kalian. di setiap ikatan, setan akan mengatakan 'malam masih panjang, tidurlah!' jika ia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah 1 ikatan. kemudian jika ia berwudhu, lepas lagi ikatan berikutnya. selanjutnya jika ia mengerjakan sholat, lepaslah ikatan yang terakhir. Di pagi hari dia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, jiwanya menjadi kotor dan malas" (HR. Bukhari)

    Makna dari hadist tersebut adalah dengan kata lain bahwa jika kita bangun dan melaksanakan sholat tahajud, maka akan berpengaruh pada peningkatan etos kerja.

    2. Doa di Pagi Hari
    Selain dari melaksanakan Sholat Tahajud, waktu di sepertiga malam yang terakhir bisa digunakan Allah SWT sang maha kaya pemilik rezeki. Doa yang dipanjatkan pada sepertiga malam merupakan salah satu mustajab yang akan lebih didengar oleh Allah.

    Jadikanlah doa dan sholat Tahajud sebagai suatu paket lengkap dimana diawal bangun melaksanakan sholat dan diakhir disempurnakan dengan memanjatkan doa. Berdoalah yang baik dan berharap kepada Allah semata seperti meminta ampunan, memohon kebaikan akhirat dan kebaikan dunia seperti meminta rezeki.

    ينزل ربنا تبارك وتعالى إلى السماء الدنيا كل ليلة حين يبقى ثلث الليل الآخر فيقول: من يدعوني فأستجيب له، من يسألني فأعطيه، من يستغفرني فأغفر له، حتى ينفجر الفجر

    Rasulullah SAW bersabda " Rabb kita tabaraka wa taala turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berkata ' Siapa yang berdoa kepadaKU, Aku akan memperkenankan doanya. Siapa yang meminta ampun kepadaku, pasti akan aku ampuni." (HR. Bukhari 1145, Muslim 758)

    3. Sedekah Pagi Hari
    " Tidaklah berlalu pagi di setiap hari kecuali ada dua malaikat yang turun dan berdoa ' Ya Allah berikanlah ganti pada yang berinfaq' sedangkan malaikat yang satunya berdoa ' Ya Allah berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan berinfaq'" (HR Bukhari dan Muslim)

    Doa Manusia Kadang kala terhalang oleh banyaknya dosa yang ada dalam diri, namun bagaimana apabila malaikat yang mendoakan kita? sudah diketahui bahwa malaikat merupakan makhluk yang Allah ciptakan tanpa pernah memiliki dosa dan bermaksiat kepada Allah. Dengan demikian besar kemungkinan bahwa doa yang mereka panjatkan akan dikabul oleh Allah. Oleh sebab itu cobalah lakukan bersedekah pada pagi hari agar rezeki yang diharapkan dapat dengan cepat menghampiri.

    Amalan ini sudah dicontohkan oleh para sahabat Rasul, terutama Abu Bakar Asshidiq. Rasul pernah bertanya tentang siapa yang telah mengerjakan sholat tahajud dan bersedekah pada pagi hari? Abu Bakar pun terus mengacungkan tangan sebagai bukti bahwa ia melakukan semua amalan tersebut.

    4. Sholat Dhuha
    Waktu untuk melakukan sholat dhuha adalah semenjak matahari setinggi tombak hingga menjelang matahari ke atas kepala atau sekitar 15 menit sebelum sholat dzuhur.

    Sholat dhuha bisa dilakukan 2 rakaat hingga 8 rakaat. bahkan sebagian keterangan menyebutkan hingga 12 rakaat. apa keistimewaan sholat dhuha tersebut? sebuah hadist memberitahukan bahwa dengan kita melakukan sholat dhuha 2 rakaat, maka setara dengan bersedekah 360 kali yang merupakan hak dari persendian yang kita miliki. Sedangkan apabila kita melaksanakan sholat dhuha empat rakaat maka Allah akan menjamin atas rezeki kita.

    " Di dalam tubuh manusia terdapat 360 sendi yang seluruhnya harus dikeluarkan sedekahnya, para sahabat bertanya " Siapa yang mampu melakukan itu wahai Nabiyullah?" Beliau menjawab " Engkau membersihkan dahak yang ada dalam masjid adalah sedekah, engkau menyingkirkan sesuatu yang mengganggu dari jalan adalah sedekah. Maka jika engkau tidak menemukannya (sedekah sebanyak itu) maka 2 rakaat dhuha sudah mencukupimu". (HR Abu Dawud)
    baca : Tata cara sholat dhuha lengkap

    Allah Azza wa Jalla berfirman " Wahai anak adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu." (HR Ahmad)

    Demikianlah beberapa amalan dan doa agar rezeki lancar dan melimpah. sebenarnya tak hanya 4 amalan itu saja yang bisa dilakukan, namun tentunya ada juga amalan pengundang rezeki lainnya yang bisa dilakukan kapan saja.

    --Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam pengetikan ataupun penyampaian informasi, penulis hanyalah manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa karena kebenaran semata-mata hanya milik Allah Azza wa Jalla--
    -- Sampaikanlah walau hanya satu ayat --

    Comments

    Post a Comment

    This is a comment message for you.