Skip to HeaderSkip to PostSkip to Footer

Jual beli dan hilang barang di Masjid, Bagaimana menyikapinya ?

Table of Content
    Pernahkan anda melihat adanya transaksi jual beli di Masjid serta seseorang yang kehilangan sesuatu dan mencarinya di Masjid ? Saya yakin beberapa pasti ada yang menemui dan bahkan mengalaminya sendiri. Kita yang mengetahuinya pasti akan mengiba pada si korban yang kehilangan, namun tepatkah sikap tersebut? 
    Ilustrasi Kehilangan

    Dalam Shahih muslim dari Abu Hurairah r.a. berkata : Rasulullah SAW bersabda yang Artinya " Barangsiapa yang mendengar seorang lelaki yang mencari barangnya hilang di masjid, maka hendaklah ia mengatakan : Semoga llah tidak mengembalikannya kepadamu, sebab masjid ini dibangun bukan untuk ini"
    baca juga keistimewaan hari Jum'at
    Dalam Shahih Muslim pula dari Buraidah r.a. : " Sesungguhnya ada seorang lelaki yang mencari barangnya hilang di Masjid lalu dia berkata ; Siapa yang menemukan untaku yang merah? kemudian Nabi Berkata : Semoga engkau tidak menemukan, Karena Masjid dibangun hanya untuk beribadah kepada Allah."
    Baca Juga Sunnah di hari Jum'at
    Dalam kitab At-Tirmidzy dalam akhir kitabul buyu', dari Abu Hurairah r.a. sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda : " Apabila kalian melihat orang yang menjual atau membeli di Masjid, maka berkatalah : Semoga Allah tidak memberi keuntungan daganganmu. dan jika kalian melihat orang yang mencari barangnya yang hilang di masjid, maka katakanlah : Semoga Allah tidak mengembalikannya kepadamu."

    --Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam pengetikan ataupun penyampaian informasi, penulis hanyalah manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa karena kebenaran semata-mata hanya milik Allah Azza wa Jalla--

    Comments

    Post a Comment

    This is a comment message for you.