Skip to HeaderSkip to PostSkip to Footer

Adab-adab dalam berdoa

Table of Content
    Adab-adab dalam berdoa - Sebagai seorang Muslim, kita sangat dianjurkan untuk berdoa. Berdoa itu sendiri bukan berarti kita suka meminta-minta melainkan lebih bahwa kita tunduk dan sadar Allah lah penentu segala usaha. Dengan doa kita menyadari bahwa manusia bukanlah apa-apa dihadapan tuhannya.


    " Dan Tuhanmu berfirman : " Berdoalah kepada-ku, niscaya akan kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan Hina". (Q.S. Al-Mu'min 60)
    Allah sangat menyukai hambanya yang tulus meminta kepada-Nya dan tunduk dihadapan Rabb-nya.

    Berikut adab-adab yang perlu diperhatikan dalam Berdoa :

    Al Imam Abi Hamid Al-Ghazaly berkata dalam Al-Ihya' bahwa adab-adab dalam berdoa ada 10, sebagai berikut :

    1. Memperhatikan waktu yang baik dan mulia, sebagaimana hari 'arafah, bulan Ramadhan, Hari Jum'ah dan tsutustullaili (sepertiga malam yang akhir).

    2. Dalam keadaan yang mulia, seperti ketika bersujud dalam shalat, ketika berhadapan dengan musuh dalam berperang, ketika turun hujan, sebelum dan sesudahnya, ketika hati sedang tentram dan bersih dari gangguan jin syetan dan ketika menghadap ke ka'bah

    3. Menghadap ke Ka'bah, mengankat kedua tangannya dan menyapu muka dengan kedua tangannya sehabis berdoa.

    4. Merendahkan suara, yakni Berdoa dengan suara yang tidak terlalu keras juga tidak terlalu pelan karena sesungguhnya Allah maha mendengar.

    5. Tidak perlu menggunakan kata-kata yang bersajak dalam berdoa. tetapi cukup dengan kata-kata yang biasa dan wajar, sopan dan tepat mengenai apa yang dihajati dengan doanya serta tidak perlu dilagukan dengan irama-irama yang khusus. sangat baik jika dalam berdoa mengikuti lafadz-lafadz yang diajarkan dari nabi SAW. yang maksudnya sesuai dengan yang dihajatkan.

    6. Bertindak Tadharru khusyu' dan dengan perasaan takut kepada Allah.
    Firman Allah Ta'ala :
    إِنَّهُم كانوا يُسارِعونَ فِي الخَيراتِ وَيَدعونَنا رَغَبًا وَرَهَبًا ۖ وَكانوا لَنا خاشِعينَ

    Artinya : "Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam mengerjakan perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdoa kepada kami dengan harap dan cemas. dan mereka adalah orang-orang yang khusyu' kepada kami." (Q.S. Al-Anbiya' 90)

    7. Memantapkan kepercayaan dan keyakinan bahwa doanya itu akan dikabulkan Allah SWT, dan tidak merasa gelisah jika doanya itu tidak diperkenankan.

    8. Gigih dalam berdoa, mengulang dua atau tiga kali dalam suatu yang amat diutamakan memohonkan kepada Allah SWT, serta yidak merasa bosan mengharap akan terkabulnya doa.

    9. Memuji Kepada Allah, dan membaca Shalawat pada permulaan dan pada kesudahan berdoa.

    10. Yang lebih penting dan pokok dalam diperkenankannya doa, yaitu tobat sebelum berdoa dan menghadapkan diri dengan sebenar-benarnya kepada Allah SWT.

    demikianlah adab-adab dalam berdoa, yang semoga saja dapat membantu saudara-saudara.

    Tulisan-tulisan disini bukan untuk bermaksud menggurui dan bukan berarti penulis lebih mengetahui melainkan hanya ingin sekedar berbagi.

    --Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam pengetikan ataupun penyampaian informasi, penulis hanyalah manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa karena kebenaran semata-mata hanya milik Allah Azza wa Jalla--

    Comments

    Post a Comment

    This is a comment message for you.